Monday, August 27, 2007

Give And Take ......bolehkah??

Baru aja baca2 blog pak yoyok ttg power of giving yg tersirat harus diluruskan bahwa sedekah harus ikhlas pd Alloh tanpa mengharapkan balasan dari Alloh...


Menurut pendapat saya berdasar pengalaman dengerin ceramah atau baca2 kisah hikmah bahwa bersedekah dg mengharap balasan dari Alloh itu dibolehkan.


Dalam perjalan hidup kita tentu banyak sekali hal-hal yg terjadi pada kita baik itu ujian kekurangan maupun kelapangan rejeki. Dan tentu saja setiap orang berbeda dalam menghadapinya. Misal ada yg semakin kaya semakin baik hati dan pemurah. ada juga yg makin pelit. Pun juga ketika dalam ujian kekurangan pasti berbeda pula setiap individu.


Nah ketika dalam keadaan normal/disetiap keseharian kita ada banyak hal yg menjadikan kita bersedekah dan juga macamnya bersedekah..yang saya yakin tidak semua org bersedekah krn minta balasan. Misalnya ketika melihat nenek renta kita membantu ekonomi sinenek karena rasa iba kita dan kita ingat dg org tua kita.


Ketika ada anak yatim piatu di panti asuhan..reflek kita ingin memberi bantuan dan juga ketika ada seorang wanita hamil yg mau melahirkan tapi tdk punya biaya. Reflek kita pasti ingin segera menolong memberi bantuan tanpa memikirkan pingin dapat balasan dari Alloh langsung . Yang seperti ini banyak sekali. Dan ini memang yg paling baik.


Namun dalam hidup ada kalanya kita terjepit dalam ujian himpitan ekonomi yg dahsyaaat sekali. Yg ketika itu tdk ada tempat utk mengadu,meminta tolong dan bantuan. Ketika dunia terasa sempit dan gelap...kita diijinkan berdoa memohon pertolongan dg wasilah amal sholeh kita. Dan tentunya amal bersedekah itu juga mrp amal sholeh. seperti dalam kisah tiga pemuda yg terjepit digua mereka berdoa dg menyebut amal sholihnya. Dan doapun dikabulkan.

Jadi menurut saya bersedekah dg mengharap balasan pada Alloh adalah boleh krn sedekah adalah termasuk amal sholeh..dan saya yakin kita tdk akan setiap hari melakukan sedekah krn berharap balasan kan?....Dan juga bersedekah itu tdk musti dg uang. Bahkan berdzikir pd Alloh adalah sedekah yg pahalanya lebih besar dr gunung emas.

Ada juga sedekah bentuk lain..yaitu memijit suami yg kecapaian...jika diminta oleh suami pahalanya perak dan jika tanpa diminta pahalanya emas....dan amalan ini bisa buat wasilah permohonan doa juga loh.....kalo gak percaya coba deh buktikan sendiri..hehehehe.

No comments: